Indonesia merupakan salah satu negara pengguna LinkedIn terbesar di dunia, dengan total pengguna LinkedIn di seluruh dunia sebanyak 3 juta. Di wilayah Asia Pasifik, jumlah pengguna LinkedIn sudah bertambah tiga kali lipat dan meningkat 350 persen sejak tahun 2011, dikarenakan meningkatnya sejumlah mahasiswa dan sarjana yang baru lulus sehingga makin banyak akademisi yang mengenal jaringan profesional terbesar seperti LinkedIn.
|
|
| Sarjana Lulusan Universitas di Indonesia Jadi "Tambang Emas Belum Tersentuh" di LinkedIn |
Para mahasiswa dan lulusan baru tersebut menggunakan LinkedIn sebagai sarana untuk memasuki dunia kerja dan meningkatkan karier mereka dengan cara mencari dan mengumpulkan informasi dari berbagai perusahaan, industri, pekerjaan yang membuka lowongan kerja maupun kesempatan magang dalam berbagai jenis perusahaan.
Studi serta survei yang dilakukan oleh LinkedIn memperlihatkan walaupun di RI ada jumlah kandidat professional yang banyak, namun sayangnya perusahaan multinasional belum banyak yang melirik lulusan dari Indonesia sebagai sumber rekrutmen kandidat. Studi internal serta survei tahunan yang dilakukan atas 100 ribu anggota, LinkedIn menemukan ada 4 universitas di Indonesia yang lulusannya paling banyak dicari berbagai perusahaan dari dalam dan luar negeri yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad).
LinkedIn menemukan walaupun ada banyak sekali jumlah tenaga professional berpotensi tinggi di wilayah Asia Tenggara, tapi perusahaan masih belum sepenuhnya mencari serta merekrut tenaga profesional yang ada di LinkedIn, terutama dari mahasiswa dan sarjana yang baru lulus di Indonesia, terutama apabila dibandingkan dengan negara tetangga, contohnya Singapura. Walau permintaan akan kandidat profesional di Indonesia masih belum setinggi Singapura, tetapi universitas di Indonesia memiliki banyak sekali lulusan yang menunggu untuk ditemukan oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Para kandidat ini disebut sebagai 'tambang emas belum tersentuh' yang bisa memberikan ide-ide baru dan segar yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk bisa beradaptasi dengan perubahan bisnis,