Perusahaan satu dengan lainnya membutuhkan skill yang berbeda-beda, tetapi berikut ini adalah empat skill dasar yang harus dikuasai oleh para calon pegawai dan sudah pasti dicari oleh setiap perusahaan.
Menguasai Teknologi
Kamu wajib bisa atau menguasai komputer dengan software-nya, seperti mengoperasikan Microsoft Office (Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, dsb) yang saat ini digunakan sebagian besar perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Kamu bisa mempelajari dasar-dasar software tersebut dengan cara mengikuti kursus atau membaca tutorial-tutorial gratis yang dibagikan di internet.
Selain software dasar tersebut, kamu juga harus memperkaya keahlianmu dengan mempelajari software lain sesuai kebutuhan bidang pekerjaanmu sebagai nilai tambah. Misalnya untuk bekerja di bidang kreatif, kamu harus menguasai software Photoshop dan Corel Draw.
Kemampuan Berkomunikasi
Kemampuan untuk mengekspresikan ide dan pikiran adalah skill yang sangat berharga di setiap perusahaan. Cara berkomunikasi dengan jelas dan tidak berbelit-belit akan sangat membantu menolongmu mendapatkan pekerjaan. Bacalah buku atau artikel mengenai cara berkomunikasi yang baik dan benar, mulai dari tutur kata sampai gestur tubuh. Berlatihlah bicara di depan cermin untuk terus memantapkan kemampuan komunikasimu.
Kemampuan dalam Bidang Customer Service atau Public Relations
Perusahaan-perusahaan di bagian outsourcing, retail, perhotelan, restoran, dan manufaktur adalah beberapa contoh perusahaan yang sangat memerlukan tenaga kerja di bagian customer service. Menjaga hubungan dengan para klien dan memastikan kepuasan pelanggan sangat vital bagi semua perusahaan dan bisnis.
Resume-mu akan terlihat lebih mengesankan apabila kamu menguasai skill dalam bidang customer service dan public relations. Belajarlah untuk tidak sekedar mendengarkan, namun juga menyimak.
Kepemimpinan dan Kemampuan Beradaptasi
Kemampuan pekerja untuk memimpin sebuah tim adalah nilai plus bagi setiap perusahaan. Akan lebih baik jika si pekerja memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Memang sih, kemampuan untuk memimpin dan beradaptasi bisa dikatakan sebagai sifat dasar seseorang daripada skill, namun kedua hal ini sangat bisa dilatih dan dibiasakan.
 |
4 Skill Dasar yang Wajib Kamu Miliki Saat Melamar Kerja |
Resume-mu akan jauh lebih menarik dan kompetitif bila kamu memiliki kemampuan-kemampuan di atas. Nah menurutmu, apakah skill di atas sudah kamu miliki?