contoh proposal bisnis
Executive resume
Indonesiaku jaya adalah perusahaan perseorangan yang dijalankan oleh David Afriwinsyah.
Perusahaan ini bergerak dibidang online shop/toko online, yang dijalankan melalui situs Indonesiaku.com
Prospek pengembangan usaha sangat menjanjikan mengingat semakin berkembangnya teknologi dan informasi, tingkat pemakai internet yang semakin tinggi dan tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko online semakin tinggi.
Rencana pembuatan usaha:
1. Pembangunan sistem online
a. Promosi melalui media social network
b. Pembuatan situs
c. Membuat server
2. Membangun link dengan pihak UKM dan perusahaan besar Indonesia
Proyeksi nilai penjualan pada tahun I adalah Rp36.000.000.-
Peningkatan sebesar 50% untuk tahun-tahun berikutnya.
Kebutuhan dana sebesar Rp10.000.000,-
Rencana penggunaan dana sebesar Rp8.000.000,- untuk investasi dalam pembangunan sistem online. Serta Rp2.000.000.- digunakan sebagai modal kerja.
Jangka waktu pengembalian adalah selama 20 bulan dimulai 5 bulan setelah pencairan dana atau selama 25 bulan dengan tenggang waktu dibayar 1 bulan sekali.
Analisa ide produk
Indonesiaku.com adalah sebuah toko online yang memasarkan dan menjual hanya produk dari Indonesia.
Kenapa Indonesia?
Ini semua berangkat dari keprihatinan saya terhadap semakin meningkatnya jumlah kelas menengah di Indonesia. bentuk kekhawatiran di tengah bangkitnya kelas menengah Indonesia, kita hanya menjadi pasar bagi produk-produk branded luar negeri.Kalau demikian halnya, kita tak akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri, kita tak akan bakal menjadi bangsa besar.
Kalau begitu maka potensi konsumsi domestik tersebut tidak bisa maksimal digunakan untuk menggerakkan industri dalam negeri kita.Karena alasan itulah, saya menekankan pentingnya “nasionalisme konsumen” agar kita mencintai produk- produk nasional seperti halnya yang terjadi di negara-negara berkarakter seperti Korea atau Jepang. Padahal begitu banyak produk karya bangsa Indonesia tapi belum tersebar luaskan dengan baik. Dengan background seperti di atas. Kita harus menjadi “subjek”atau pelaku aktif,tidak sekadar menjadi “objek” alias menjadi sasaran pasar produkproduk luar negeri. Kita harus menjadi “tuan rumah” di negeri sendiri, bukannya menjadi “tawanan” dari produk-produk asing. Apabila sisi konsumsi (pasar) dan produksi (produk) ini bisa dimainkan secara cantik dan seimbang oleh kelas menengah Indonesia, saya optimistis keajaiban ekonomi seperti yang dialami Cina bakal bisa diwujudkan negeri ini.
Dengan memunculkan situs Indonesiaku.com menjadi langkah awal bagi tersebar luasnya gaung cintai dan belilah produk Indonesia akan semakin marak. Seiring dengan jumlah pengguna internet di Indenesia terus tumbuh. Potensi pasar pun semakin besar.
Keuntungan dari belanja di Indonesiaku.com
1. Semua produk Indonesia
2. Harga disesuaikan dengan pasar Indonesia
3. Belanja fleksibel bisa dimana saja.
Kelemahan dari sistem ini adalah tingkat kepercayaan dari konsumen Indonesia terhadap belanja online harus terus ditingkatkan.
Analisa pemasaran
Pengembangan pemasaran
Pengembangan pemasaran Indonesiaku.com di lakukan pertama memcari semua info dari produk asli indonesia dan data ukm atau perusahaan yang memproduksi produk tersebut untuk dijadikan sebagai mitra dalam pengembangan sistem kami ini.
Segmen pasar dan target yang dituju adalah penduduk asli Indonesia dan pasar luar negeri (dengan menyertakan versi bahasa Inggris pada website)
Peta positioning
Belakangan ini banyak sekali online shop yang bermunculan berlomba-lomba dalam pasar global yang sangat luas dikarenakan dengan internet yang bisa merambah kebelahan bumi manapun. Awal boomingnya sistem online shop ini berawal dari amazon.com yang menjual buku pada awalnya dan berkembang menjadi toko online serba ada, dan sekarang mlai bermunculan situs baru dengan segmen pasar yang dikhususkan. Untuk pasar Indoensia sendiri ada banyak online shop mulai dari pakaian, software, elektronik, sampai pada barang-barang seken. Karena di semua situs tersebut belum ada mengkhususkan untuk produk asli Indonesia, saya membuka segmen pasar baru untuk mengapresasi karya anak bangsa agar bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia bahkan bisa kita promosikan ke dunia Internasional.
Kegiatan promosi dan strategi penetapan harga
Promosi dilakukan dengan memanfaatkan situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter agar bisa tersebar dengan cepat di bandingkan dengan cara konvensional. Dengan melakukan promosi dengan media ini supaya lebih efektif mengingat pangsa pasarnya juga para pengguna internet yang notabenenya banyak menggunakan media tersebut dalam menggunakan internet. Kegiatan promosi dilakukan dengan menyuarakan atau propaganda agar pengguna jejaring sosial khususnya Indonesia untuk mencintai dan membeli produk dalam negeri. Karena dari segi kualitas produk dalam negeri tidak kalah dengan produk asing. Dan kita akan membuat group di facebook yang berisi tentang beberap info tentang Indonesia terkini dan produk Indonesia itu sendiri, group ini akan membantu dari segi promosi, karena di sana akan di bentuk komunitas pecinta produk dalam negeri, sekaligus mereka akan dijadikan sebagai pengundang teman-teman mereka di facebook untuk bergabung dan mencintai produk Indonesia. Untuk masalah harga kita menetapakan harga sesuai dengan harga aslinya dipasaran, dan akan memeberlakukan harga promo untuk satu bulan pertama sekaligus bahan untuk promosi website. Dan kegiatan diskon akan diberlakukan secara berkala sesuai dengan kesepakatan dengan pihak produsennya.
Analisis pesaing
Analisis operasional
Pola pelayanan
Kita akan menyediakan pola pelayanan yang banyak digunakan oleh pelaka bisnis ini, pertama tampilan website yang kita gunakan terlihat simpel dan ada beberapa slide yang menampilkan keragaman Indonesia. Untuk mempermudah pelanggan mengerti cara belanja di situs kami, akan disediakan tutorial yang mudah di mengerti dengan menggunakan obyek kartun. Pelayanan akan dilakukan selama 24 jam dengan menggunakan layanan yahoo mesengger, telepon, untuk membantu semua kebutuhan pelanggan. Pola pelayanan yang kita gunakan untuk mempermudah pelanggan dalam info produk, pola pemesanan, kritik dan saran.
Agar para produsen yang ingin ikut memasarkan produknya ke situs kami juga akan di sediakan saluran telepon kerja sama yang bertugas untuk melayani mereka yang ingin ikut berperan aktif dalam program ini.