Masyarakat Jepang Lebih Suka Membeli Musik dalam Bentuk Fisik
Saat ini beberapa negara di dunia lebih menikmati penjualan musik secara digital ketimbang penjualan dalam bentuk CD. Di Amerika Serikat misalnya. Negara yang merupakan pasar musik terbesar dunia ini penjualan musiknya dikuasai oleh penjualan digital. Sebaliknya dengan Jepang. Jepang yang merupakan pasar musik terbesar kedua setelah Amerika Serikat ini rata-rata masyarakatnya lebih menikmati membeli musik dalam format CD.
|
AKB48 |
Di Jepang penjualan musik format CD dalam bentuk single, album, DVD, dan Blu-Ray masih menguasai masyarakat Jepang, dengan total sekitar 85 persen dari keseluruhan penjualan musik. Sementara penjualan musik dalam bentuk digital di Jepang terus mengalami penurunan pendapatan pada beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2009, penjualan digital di Jepang mencapai angka 100 miliar yen. Namun, pada tahun 2013 menurun menjadi 40 miliar yen. Hal ini sangat berbanding terbalik apabila dibandingkan dengan negara lain yang penjualan digitalnya meraih angka yang lebih besar daripada penjualan fisik.
Para pengamat musik Jepang berangapan bahwa para pemilik label dan bisnis musik di Jepang tidak mendorong penjualan digital secara besar-besaran. Tingginya penjualan album dalam bentuk fisik di Jepang bisa disebabkan oleh banyaknya bonus yang dihadirkan oleh artis, seperti bonus tiket untuk jumpa fans yang pernah dilakukan oleh AKB48, SKE48, NMB48 dan HKT48. Dalam tiga tahun terakhir, AKB48 berhasil menjadi grup musik dengan total penjualan musik tertinggi di Jepang dalam format CD baik single maupun album, dengan total penjualan lebih dari 25 juta unit.